Pemindahan Istana Ratu Saba' Oleh Ashif bin Barkhaya

"Wahai para pembesar, siapakah diantara kalian yang sanggup membawa singgasana Ratu Balqis ke sini sebelum dia datang kepadaku sebagai orang yang berserah diri?", tanya Sulaiman.

Bukan main!. Sungguh suatu rencana yang tak masuk akal. Sulaiman menginginkan singgasana kerajaan Saba' dipindah ke tempatnya. Siapakah yang punya kesanggupan untuk memindahkan singgasana dari negeri Saba' ke kerajaan Sulaiman yang jaraknya begitu jauh?. Jangankan memindah, menggeserpun rasanya mustahil untuk dilakukan. Bahkan dengan peralatan modern seperti saat ini pun tak akan mungkin untuk memindahkan sebuah singgasana dari suatu tempatke tempat yang lainnya. permintaan nabi Sulaiman sungguh tak masuk akal, tak rasional dan tidak bisa dinalar dengan logika. Namun apakah semua yang tidak masuk akal itu mustahil terjadi di dunia?.

Ternyata tidak. sekali lagi tidak semua yang tak masuk akal itu tidak bisa terjadi di dunia.

Dengan permintaan Sulaima tersebut, Ifrit, salah satu dari bangsa jin menyampaikan kesanggupannya, "Aku akan membawa singgasana itu kemar sebelum Anda berdiri dari tempat duduk. Sungguh aku punya kekuatan untuk itu, percayalah!".

Luar biasa. Ifrit menjanjikan akan membawa singgasana Ratu Balqis dalam jarak waktu hanya beberapa saat, yakni sebelum sulaiman beranjak dari tempat duduknya. Kekuatan apa yang akan digunakan oleh Ifrit? Entahlah, yang jelas, sebelum Sulaiman memberikan ijin kepada Ifrit dan sebelum Ifrit sendiri berangkat memindahkan singgasana itu, tiba-tiba ada salah seorang yang menyatakan kesanggupannya yang melebihi kesanggupan Ifrit.

"Saya  akan membawa singgasana Ratu Balqis kemari sebelum mata Tuan berkedip", katanya.

Subhhanallah!. Siapakah dia?. Manusia macam apakah yang mempunyai kesanggupan seperti itu?. Kekuatan macam apakah yang dia miliki hingga sanggup memboyong sebuah bangunan singgasana dalam waktu hanya sekejap mata?.

DIalah Ashif bin Barkhaya, seorang kaki tangan sekaligus salah seorang kepercayaan nabi Sulaiman. Al Qur'an menyebut dia sebagai seorang "yang mempunyai (rahasia) ilmu dari al Kitab"'indahu 'ilmun minal kitab). Para ahli tafsir menyatakan bahwa yang dimaksud dengan al Kitab disini adalah kitab Taurat dan Zabur. Ya, dialah seorang hamba yang mempunyai kedekatan luar biasa dengan Allah hingga seakan-akan tiada lagi batas antara dia dengan-Nya. Dialah manusia shalih, yang saking dekatnya sampai Allah berkenan menganugerahkan satu kekuatan dan kemampuan luar biasa yang tidak dimiliki oleh orang lain.

Begitulah. dalam sekejap mata, sebelum nabi Sulaiman matanya berkedip saat itu juga bangunan megah singgasana Ratu Balqis yang semula berada di negeri Saba' telah berpindah tempat di hadapan nabi Sulaiman. Peristiwa itu benar-benar membuat mata setiap orang tercengang, heran dan takjub yang nyaris tidak percaya dengan pemandangan itu. Sulaiman sendiri, ketika melihat keajaiban itu hanya bisa mengatakan, "Sungguh, ini adalah sebuah karunia dari Allah untuk menguji apakah aku termasuk orang yang bersyukur atau malah termasuk orang yang kufur terhadap nikmat-Nya".

Bukan hanya nabi Sulaiman, ternyata ratu Balqis sendiri pun demikian. Dia merasakan satu ketakjuban yang lua biasa dengan singgasananya yang tiba-tiba saja berada di tempat nabi Sulaiman. Makanya, ketika pemimpin wanita ini datang ke tempat nabi Sulaiman untuk memenuhi panggilannya, nabi Sulaiman bertanya kepadanya, "Seperti inikah singgasanamu?".

Sambil meyakinkan hati yang tak percaya dengan kenyataan tersebut, ratu Balqis berkata, "Sepertinya, iya!".

Begitulah, akhirnya seorang ratu dari negeri Saba' itu pun masuk Islam, bahkan bersedia dipersunting nabi Sulaiman sebagai istri.

Kisah tentang kemampuan Ashif bin Barkhaya telah diabadikan dalam Al Qur'an. Keabsahan ceritanya tak diragukan lagi. Itu adalah kisah yang haq bukan sekedar dongeng atau kisah-kisah fiktif lainnya. Kemampuan luar biasa yang dimilikinya bukan berbentuk sihir, magic atau sulap yang bisa dan biasa mengelabui pandangan mata. Kemampuan itu adalah sebuah anugerah dari Allah yang lebih dekat dengan sebuah karamah.

Prev page <<<<
Pemindahan Istana Ratu Saba' Oleh Ashif bin Barkhaya Pemindahan Istana Ratu Saba' Oleh Ashif bin Barkhaya Reviewed by Yonif on 10:15 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.